Ahli Ingatkan Masyarakat Punya Peran Cegah Ancaman Pandemi di Masa Depan

Belakangan, istilah istilah “Disease X” atau penyakit X ramai diperbincangkan. Penyakit X sendiri digunakan oleh beberapa ilmuwan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk merujuk pada patogen yang belum diketahui dan berpotensi menyebabkan pandemi seperti Covid 19. Istilah ini sebenarnya telah dipakai WHO pertama kali sekitar tahun 2018.

Tapi muncul kembali dan ramai diperbincangkan publik ketika Covid 19 menyebar pada awal 2020. Terkait adanya potensi pandemi di masa depan, menurut Ahli Kesehatan Masyarakat sekaligus Epidemiolog Dicky Budiman, masyarakat punya peran penting di bagian pencegahan. Kasus nol adalah satu individu yang bisa muncul karena beberapa sebab.

Francesco Calzona Punya Peran Ganda, tak Berharap Masa Depan di Napoli Masyarakat Punya Peran Penting Cegah Stunting Wujudkan Generasi Indonesia Emas 2045 BPBD Lembata Ingatkan Masyarakat Waspada Ancaman Bencana di Musim Hujan

40 SOAL & Jawaban Bahasa Inggris Kelas 5 SD Ulangan/Ujian Semester 2 Kurikulum Merdeka Tahun 2024 Halaman all DPRD Kota Kupang Sebut Peran Masyarakat Penting Cegah DBD Apakah itu karena keteledoran, ketidakpatuhan, di laboratorium, atau di pasar.

Oleh karena itu, kata Dicky di mana pun masyarakat berada, penting untuk menerapkan prinsip kehati hatian. "Jadi kehati hatian ini termasuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," tegasnya. Misalnya, saat berada di hutan, lakukan upaya perlindungan seperti memakai masker dan tidak sembarangan mengonsumsi buah buahan.

"Ada buah liar di makan saja, mungkin buah dikencingi kelelawar buah ada virusnya," jelas Dicky. PHBS juga perlu diterapkan di pasar. Apa lagi jika pasar masih belum tertata dengan baik. "Gabung pasar basah dan kering. Ada pemotongan hewan di situ, tidak pakai masker, sarung tangan. Inilah contoh peran individu yang penting dalam perilaku hidup bersih sehat," tegasnya.

Selain itu upaya pencegahan juga dapat dilakukan ketika bekerja atau aktivitas sehari hari. "Cuci tangan, atau sepulang kerja langsung mandi, baju cuci, ini hal baru, kenormalan baru seperti itu. Kalau sakit jangan dipaksakan kerja," imbuhnya. Sedangkan pada orang yang berisiko tinggi atau punya mobilitas tinggi, Dicky sarankan untuk lakukan vaksin dan booster.

"Sekarang Indo Vac dan Biofarma efektif mencegah infeksi dalam konteks keparahan dan kematian. Hal tersebut itu harus kita perankan," tutupnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *