Apakah Penyakit Jantung Bawaan itu? Ini Penjelasannya

Ada beberapa penyakit jantung yang sebenarnya perlu kamu ketahui dan salah satunya itu adalah penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bawaan, atau cacat jantung bawaan, adalah kelainan jantung yang ada sejak lahir.

Kelainan jantung bawaan biasanya disebabkan oleh cacat lahir, atau terjadi karena adanya gangguan pada proses pembentukan dan perkembangan jantung sejak bayi di dalam kandungan.

Sebenarnya, jantung manusia terbagi menjadi empat bagian ruang, yaitu dua atrium atau serambi dan dua ventrikel atau bilik. masing-masing dari ruang tersebut berada di sisi kanan dan juga kiri.

Dilansir dari laman situs healthline.com, penyakit jantung bawaan ini memiliki beberapa masalah yang dapat mempengaruhi dinding hati, katup jantung, dan juga pembuluh darah.

Selain itu, Ada banyak jenis cacat jantung bawaan. Jenis penyakit yang satu ini, dapat muncul dari mulai kondisi yang sederhana hingga menimbulkan masalah kompleks yang menyebabkan gejala parah yang mengancam jiwa.

Perawatan dan perawatan lanjutan untuk penyakit ini telah meningkat secara drastis selama beberapa dekade terakhir, sehingga hampir semua anak dengan kelainan jantung bertahan hidup hingga dewasa. Namun, beberapa membutuhkan perawatan terus menerus untuk penyakit jantung bawaan sepanjang hidup mereka. serta, banyak juga yang terus memiliki kehidupan yang aktif dan produktif terlepas dari kondisi tersebut.

Meskipun penyakit ini adalah penyakit jantung bawaan, tetapi ternyata penyakit jantung bawaan ini dibagi menjadi beberapa kategori utama, yaitu sebagai berikut.

• Cacat katup jantung. Penyakit jantung bawaan yng satu ini, terjadi karena katup yang ada didalam jantung yang mengarahkan aliran darah mungkin menutup atau bocor. Sehingga menyebabkan kemampuan jantung terganggu untuk memompa darah dengan benar.

• Cacat dinding jantung. Cacat dinding jantung biasanya dialami karena dinding alami yang berada pada sisi kiri dan kanan serta bilik atas dan bawah jantung tidak berkembang dengan baik. Sehingga menyebabkan darah kembali ke jantung atau menumpuk di tempat yang tidak semestinya.

• Cacat pembuluh darah. Penyebab kelainan jantung bawaan yang satu ini adalah karena arteri dan vena yang membawa darah ke jantung kembali ke tubuh dan tidak berfungsi dengan benar. Hal ini juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi bagi kesehatan tubuh.

ASMA AMIRAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.