Bagian-bagian Mobil yang Wajib Diperiksa Ketika Membeli Mobil Bekas

Harga mobil bekas memang cenderung lebih rendah dibandingkan mobil baru. Namun, banyak hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas. Salah satunya adalah kondisi bagian-bagian mobil bekas, baik itu bagian internal maupun eksternal.

Bagian mana saja yang harus diperhatikan dan diperiksa sebelum membeli mobil bekas? Simak langsung informasi lengkap tentang bagian mobil bekas yang harus diperiksa agar mendapatkan mobil bekas terbaik!

Bagian-bagian Mobil Bekas yang Harus Diperiksa

Apakah Anda akan membeli mobil bekas? Jangan lupa cek bagian-bagian mobil untuk memastikan bahwa mobil bekas yang dibeli dalam kondisi baik. Berikut ini bagian-bagian mobil bekas yang harus diperiksa, yaitu:

1. Bodi Mobil

Bodi mobil di bagian luar wajib dicek atau diperiksa karena sangat mempengaruhi penampilan mobil. Pastikan bodi mobil bekas tidak mengalami kerusakan, seperti penyok, tergores, bengkok, warna pudar, dan lain sebagainya.

2. Interior Mobil

Selain bagian eksterior mobil, jangan lupa untuk memeriksa bagian interior mobil. Pastikan interior mobil dalam kondisi bersih dan bagus. Bagian interior mobil bekas yang harus dicek dapat meliputi jok, setir mobil, tombol-tombol, audio, video, kunci, dan lain sebagainya.

3. Komponen Mesin Mobil

Bagian terpenting yang harus dicek sebelum membeli sebuah mobil bekas adalah bagian komponen-komponen mesin mobil. Pastikan mesin mobil dalam kondisi bagus dan mendapat perawatan rutin dari pemilik mobil sebelumnya.

4. Cairan-cairan Mobil

Mobil memiliki cairan-cairan penting yang harus diperiksa karena bisa menjadi salah satu faktor penentu performa atau kinerja mobil tersebut. Apa saja cairan mobil yang harus diperiksa? Berikut ini beberapa cairan-cairan pada mobil bekas yang harus diperiksa, yaitu:

  • Oli mesin
  • Air pendingin atau radiator (IAT, OAT, atau HOAT)
  • Air aki
  • Oli atau minyak rem
  • Oli power steering
  • Wiper fluid atau cairan khusus pembersih kaca mobil

5. Ban dan Suspensi

Ban dan suspensi mobil bekas juga harus diperiksa agar dapat melihat keselarasan mobil bekas tersebut. Selain itu, bagian ban harus diperiksa untuk menelaah keausan masing-masing ban mobil. Pemeriksaan terhadap ban dan suspensi mobil juga dilakukan untuk mengetahui besarnya guncangan yang timbul.

6. Bagian Kelistrikan Mobil

Bagian lainnya yang harus dicek adalah sistem kelistrikan yang ada pada mobil bekas. Pastikan tidak ada sistem kelistrikan yang terputus, sehingga bisa mempengaruhi performa mobil. Kelistrikan mobil yang terganggu dapat membuat konsleting dan membahayakan.

Selain itu, pastikan semua kabel rapi dengan fitur elektronik yang berfungsi dengan baik. Anda bisa mengecek seluruh bagian kelistrikan mobil bekas dengan hati-hati.

Sebaiknya beli saja mobil bekas di tempat jual beli mobil bekas terbaik dan berkualitas, seperti mo88i. Tempat jual beli mobil terbaik ini akan menawarkan berbagai merk mobil lengkap dan pastinya memiliki bagian-bagian mobil yang masih dalam kondisi baik serta berkualitas.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.