Daun Pandan Tak Sekadar Wangi-wangian Kuliner, Bisa Redakan Demam dan Insomnia

Daun pandan merupakan bahan atau tumbuhan yang sering digunakan masyarakat untuk pengharum makanan atau sebagai pewarna alami makanan tersebut.

Pandan atau pandan wangi adalah jenis tumbuhan monokotil yang berasal dari famili Pandanaceae, memiliki daun yang beraroma wangi sebagai ciri khas tumbuhan tersebut. Panda juga merupakan tumbuhan yang tergolong kedalam tumbuhan yang berasal dari kawasan tropik.

Dilansir dari disbun.jabarprov.go.id, pandan adalah tumbuhan yang bisa tumbuh subur bila ditanam ditepi sungai, rawa dan juga ditempat-tempat yang lembab. Seperti yang kita tahu, daun pandan atau pandan sudah lama dikenal sebagai produk untuk aroma dalam makan yang memiliki kandungan Tanin, Saponin, Alkaloid, Flavonoid dan Zat Warna.

Selain sebagai pewarna makanan dan aroma makanan, daun pandan juga memiliki manfaat lain, seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Bisa sebagai pengontrol gula darah dan darah tinggi Daun pandan juga memiliki manfaat lain terutama bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mengontrol kadar gula darah yang terkandung dalam tubuh.

Selain itu juga bisa menurunkan darah tinggi dengan hanya merebus 3 lembar daun pandan sebanyak 2-3 gelas air hingga mendidih. Air rebusan pandan bisa dikonsumsi setiap dua kali dalam sehari secara rutin hingga anda mereka tekanan darah anda sudah membaik.

2. Dapat meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri. Memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, menjadikan daun pandan sebagai alternatif obat herbal. Seperti untuk meredakan demam.

Tidak hanya itu pandan juga memiliki manfaat utnutk mengurangibrasa nyeri. Terutama nyeri pada bagian sendi. Hal tersebut dirasa sangat efektif untuk menyembuhkan nyeri sendi dan ternyata telah dilakukan sejak zaman dahulu.

3. Dijadikan anyaman, tali, dan furniture.Tidak hanya baik untuk kesehatan, daun pandan juga bisa dijadikan anyaman. Namun biasanya daun pandan yang sering digunakan sebagai anyaman adalah daun pandan berjenis pandan duri, pandan jerutu, dan juga pandan laut.

4. Insomnia. Kembali pada manfaat pandan bagi kesehatan tubuh. Ternyata pandan memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia. Insomnia tentu saja merupakan masalah yang sangat mengganggu terutama tentunya pada tidur karena orang yang mengidap insomnia menjadi sulit tidur. tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur dan menyebabkan dampak bagi kesehatan tubuh tentunya.

Ternyata daun pandan yang memiliki kandungan alkaloid ini la yang dapat memberikan efek menenangkan. Sehingga membuat daun pandan efektif dalam mengobati insomnia.

ASMA AMIRAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.