Gempa lagi dari Laut Selatan Malam Ini, Guncangannya dari Cilacap sampai Pacitan

Gempa terkini mengguncang sebagian wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat pada malam ini, Senin 9 Agustus 2021. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat intensitas guncangan skala III MMI atau terasa nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas untuk daerah-daerah Cilacap, Pangandaran, Banjar, Ciamis, Banyumas, dan Karangnunggal.

Dalam keterangan yang disampaikannya dalam situs web resmi, BMKG menyebut gempa itu berpusat di laut, 90 kilometer arah selatan Cilacap. Tercatat terjadi pada pukul 21.35 WIB, gempa diketahui memiliki kekuatan Magnitudo 4,8. Beberapa daerah lain seperti Kebumen, Purwokerto, bahkan hingga Yogyakarta dan Pacitan di Jawa Timur juga merasakan guncangannya dalam skala yang lebih lemah.

Ini adalah guncangan gempa terkini yang bisa dirasakan di wilayah Indonesia. Pada Minggu sore dan Sabtu malam, gempa juga mengguncang dari laut selatan, masing-masing, berpusat 55 kilometer barat daya Garut dan 97 kilometer barat daya Bandung. Adapun kekuatannya sama, Magnitudo 4,1.

Belum ada penjelasan perihal mekanisme ataupun pemicu gempa terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.