Imbau Orang Tua Tak Biarkan Anak ‘Makan’ Pasta Gigi, Dokter: Bisa Sebabkan Fluorosis

Sama seperti orang dewasa, anak anak pun perlu rutin menyikat giginya. Orang tua pun diimbau sudah membiasakan anaknya untuk rajin menyikat gigi sejak gigi pertama anak muncul, yaitu pada sekitar usia 6 bulan. Pasta gigi atau odol untuk anak pun juga tersedia. Biasanya odol untuk anak tidak terlalu pedas dan muncul dengan varian rasa yang disukai.

Kadang kala varian rasa ini membuat anak suka "memakan" atau menelan pasta gigi tersebut. Mengenai kebiasaan ini, orang tua sebaiknya bertindak karena kalau dibiarkan, dapat menyebabkan fluorosis gigi. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis gigi, drg Alana Aluditasari, Sp.K G A dari RS Pondok Indah Jakarta.

"Jika terlalu banyak makan bisa berujung jadi fluorosis. Terjadi di semua gigi," ungkapnya saat pengarahan media yang diselenggarakan di Jakarta Selatan, Minggu (24/3/2024). Orangtua Harus Tahu, Berikut Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Gigi Anak Tonggos Disdik Sumedang Imbau Orang Tua Pantau Anak Klakson Telolet, 'Sangat Membahayakan

Pemkab Poso Imbau Orang Tua Larang Anak Remaja Main Perang Sarung saat Ramadan Bakti Anak kepada Orang Tua Tips Cegah Anak Terjangkit Demam Berdarah ala Dokter RS JIH Solo, Orang Tua Wajib Tahu!

Saat Hari Raya Idul Fitri, Dokter Ingatkan Orang Tua untuk Batasi Anak Konsumsi Minuman Dingin Agar Anak Berbakti kepada Orang Tua Anak yang Bunuh Kedua Orang Tua Tewas Ditembak Polisi, Pelaku Sempat Ngamuk Parangi Warga dan Dokter

Kondisi fluorosis bisa mempengaruhi penampilan gigi. Biasanya fluorosis menyebabkan kemunculan garis putih tipis pada enamel gigi. Pada kondisi yang lebih parah, fluorosis menimbulkan noda bercak cokelat dan membuat tekstur enamel gigi jadi kasar. "Makanya jangan dimakan. Ada batas dosis maksimal. Kalau sesuai dosis ketelan tidak apa. Kecuali dosis harian hampir satu (bungkus)," imbaunya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *