Jaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh Konsumsi 4 Jenis Makanan ini

Kolesterol merupakan zat lilin dalam tubuh yang berfungsi melindungi saraf dan menciptakan jaringan sel atau hormon, dikutip dari familydoctor.org. Asupan kolesterol, selain diperoleh dari tubuh, juga berasal dari makanan yang dikonsumsi. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh juga dapat memicu timbulnya beragam penyakit.

Pola makan yang sehat dapat membantu mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh. Dikutip dari health.harvard.edu, beberapa makanan dapat menurunkan kolesterol melalui berbagai cara, misalnya mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh menggunakan serat laut. Selain itu, makananberperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat dengan memberikan lemah tak jenuh dalam tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Cokelat hitamMelansir webmb.com, cokelat hitam atau black chocolate mengandung flavonoid, sebuah antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), Namun, konsumsi coklat hitam dalam porsi yang sedang sebab coklat mengandung tinggi lemak jenuh dan gula.

Oats dan barleyKonsumsi makanan gandum dapat meminimalisir risiko penyakit jantung. Mengutip dari heartfoundation.org.nz, salah satunya adalah oat dan barley yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah karena kandungan serat larutnya bernama beta glucan.

IkanKandungan omega-3 pada ikan seperi asam eicosapentaenoic acid (EPA), merupakan lemak tak jenuh yang memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi. Mengutip dari medicalnewstoday.com, kemampuannya tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung. EPA turut melindungi pembuluh darah dan jantung sebab dapat menurunkan trigelserida, mencegah pembentukan kristal kolesterol di arteri, dan meningkatkan kinerja kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL)

Kacang polongKacang polong kaya akan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, dilansir dari health.harvard.edu. Selain itu, kacang polong membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh sehingga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama setelah memakannya. Makanan ini cocok bagi yang sedang menurunkan berat badan.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.