Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Dampak Petir Kebakaran Kilang, Temuan Sesar Bali

Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dua kejadian petir di sekitar kilang Pertamina Cilacap yang terbakar, Sabtu malam, 13 November 2021.

Berita terpopuler selanjutnya tentang tim peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkap sesar penyebab gempa merusak di Bali pada 16 Oktober 2021. Panjang dan potensi kekuatan gempanya kini telah diketahui dari sebelumnya yang belum teridentifikasi.

Selain itu, tiga orang siswa SMP asal Kota Kediri, Jawa Timur, yakni Safa Kirana dari SMPN 1 Kediri, M. Fajar Royyan dari SMP Rahmad Plus, dan Tio Alfian Agistiano dari SMPN 3 Kediri berhasil meraih juara Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. BMKG: Dampak Petir pada Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Masih Jadi Pertanyaan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dua kejadian petir di sekitar kilang Pertamina Cilacap yang terbakar, Sabtu malam, 13 November 2021.

Menurut Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono, ada sambaran petir yang tercatat oleh detektor listrik udara BMKG Banjarnegara antara pukul 18.00–19.30 WIB.

Sambaran petir pertama menurutnya terjadi pada pukul 18.47 WIB. Titik lokasi koordinatnya 7,67942574 derajat Lintang Selatan dan 109,1110952 derajat Bujur Timur dengan jarak sekitar 12 kilometer sebelah timur laut kilang Pertamina RU IV di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sambaran petir kedua terjadi pada pukul 19.23 WIB dengan titik koordinat 7,437264713 derajat Lintang Selatan dan 108,7736507 derajat Bujur Timur di kecamatan Sidareja. Lokasi itu berjarak sekitar 43 kilometer arah barat laut kilang Cilacap.

2. Temuan Baru, PVMBG Ungkap Sesar Gempa Merusak di Bali

Tim peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkap sesar penyebab gempa merusak di Bali pada 16 Oktober 2021. Panjang dan potensi kekuatan gempanya kini telah diketahui dari sebelumnya yang belum teridentifikasi.

“Indikasi atau temuan awal karena sebelumnya belum pernah ada,” kata Supartoyo, peneliti gempa dari PVMBG saat dikonfirmasi Sabtu, 13 November 2021.

Sementara ini, panjang sesar itu diketahui 9 kilometer. Bentangan sesarnya punya kelurusan arah timur laut–barat daya dan terletak di antara Gunung Agung dan Batur. Temuan itu, kata Supartoyo, berdasarkan data Digital Elevation Model Nasional (Demnas) milik Badan Informasi Geospasial dan pengamatan tim riset di lapangan.

Sesar mendatar itu diperkirakan mampu menghasilkan gempa bumi dengan magnitudo 6,2. “Dengan kedalaman dangkal cukup dahsyat bisa sampai VII atau VIII MMI,” katanya.

3. Tiga Siswa SMP di Kediri Raih Juara Kompetisi Sains Nasional

Tiga orang siswa SMP asal Kota Kediri, Jawa Timur, yakni Safa Kirana dari SMPN 1 Kediri, M. Fajar Royyan dari SMP Rahmad Plus, dan Tio Alfian Agistiano dari SMPN 3 Kediri berhasil meraih juara Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021.

Safa Kirana, siswi kelas IX SMPN 1 Kediri ini merasa senang atas prestasi yang berhasil ia persembahkan tidak hanya untuk almamater dan Kota Kediri saja, melainkan juga untuk Provinsi Jawa Timur ini.

“Jujur saya tidak menduganya, saat mendapatkan pengumuman tersebut saya kaget sekaligus senang,” katanya di Kediri, Sabtu, 13 November 2021. Dalam kompetisi itu, Safa Kirana berhasil raih medali perunggu pada KSN IPA. Ia tidak menduga dapat menorehkan prestasi di bidang IPA. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.